Monday 28 September 2015

Bahasa Program

(google)

Nah pasti kalian pernah mendengar dengan bahasa program, tapi apa kalian tau apa itu bahasa program?
Menurut Wikipedia, bahasa program adalah :
Sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar mempunyai fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Jadi sebenarnya yang kalian sebut hape pintar atau PC pintar itu adalah salah karena sebenarnya hape atau PC itu tidak pintar, mereka hanya menjalankan perintah dari orang yang membuat perintah tersebut.

Nah menurut Tingkat kedekatannya dengan mesin, bahasa program dibagi menjadi 4 :

  1. Bahasa Mesin adalah bahasa yang memberikan perintah kepada komputer dengan kode biner, ituloh yang 01010101010101
  2. Bahasa Tingkat Rendah atau dikenal bahasa rakitan (Assembly) adalah bahasa yang memberikan perintah kepada komputer dengan kode singkat (kode mnemonic), contohnya bisa dilihat di sini Wikipedia
  3. Bahasa Tingkat Menengah adalah bahasa yang memberikan perintah komputer dengan gabungan simbol dan bahasa manusia.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi adalah bahasa yang memberikan perintah komputer dengan bahasa yang berasal dari bahasa manusia. Contohnya bahasa manusia di sini adalah Begin , end, if, while, dll. Nah bahasa tingkat ini biasanya memerlukan compiler atau interpreter (apa itu? Ntar dibahas dipos selanjutnya :v )
Sumber : Wikipedia

riyan

About riyan

Saya Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim jurusan Teknik Informatika

Subscribe to this Blog via Email :